Tips Tampil Wawancara Secara Online

Spread the love

Sejak munculnya wabah virus corona cara bekerja semua karyawan menjadi berubah. Dari yang bekerja langsung datang ke kantor, kini bekerja dilakukan dengan cara online. Hal ini tentunya membuat adaptasi bagi semua pekerja. Tidak hanya untuk karyawan yang sudah bekerja saja, namun bagi pendaftar calon karyawan pun kini melakukan wawancara dengan melalui video call.

Wawancara di Masa Wabah Pandemi Corona

Di masa sekarang teknologi begitu sangat maju dan tentunya ini memberikan banyak kemudahan terutama untuk bekerja di masa pandemi. Hal ini tentunya memunculkan banyak sekali tantangan dan hambatan bagi orang-orang yang masih belum begitu paham dengan cara pemakaian teknologi. Tidak jarang orang merasa bingung ketika harus bekerja dengan sistem online.

Tidak hanya untuk para pekerja yang bekerja saja, namun untuk para pendaftar kerja pun, semua seba online termasuk dalam wawancara. Jika wawancara langsung, biasanya para pendaftar kerja akan berpenampilan serapi mungkin dan terlihat sopan. Karena itu juga merupakan salah satu aspek yang dinilai, dan para pendaftar pun akan bersiap lebih baik dalam hal penampilan.

Namun semenjak corona ini, banyak para pendaftar pekerjaan yang lalai dan mengabaikan hal penting seperti itu. Karena menurut mereka, wawancara dilakukan secara daring tidak akan memedulikan penampilan. Sehingga kesalahan yang di dapat para pendaftar cukup tinggi karena tidak peduli akan penampilan yang formal.

Tips Wawancara Online di Masa Pandemi

Di era pandemi ini pastinya mau tidak mau harus melakukan segala sesuatu secara online termasuk wawancara untuk bekerja. Bagi yang akan melakukan wawancara bekerja, ada tips yang bisa dicoba ketika wawancara

  1. Berpakaian Formal Seperti Wawancara Langsung

Jika ingin dinilai baik, maka ketika akan melangsungkan wawancara online, sangat disarankan memakai pakaian formal sama seperti ketika akan melakukan wawancara langsung. Meskipun nantinya hanya bagian muka atau setengah badan yang terlihat, tetapi tetap saja harus menggunakan bawahan formal untuk berjaga-jaga ketika tiba-tiba diminta untuk berdiri.

  1. Hindari Baju Tanpa Lengan untuk Wanita

Bagi wanita memakai blus dan bawahan rok adalah pilihan yang tepat dan bisa menandakan bahwa Anda profesional. Sangat tidak disarankan untuk memakai pakaian yang tidak berlengan ketika wawancara sedang berlangsung. Jika memang hanya memiliki baju yang tidak berlengan, bisa dikombinasi dengan jaket agar menarik. Meski ada pilihan seperti itu, tetap saja sangat disarankan memakai pakaian seformal mungkin yaitu dengan atasan blus dan bawahan rok agar terlihat lebih serius, niat dan profesional.

  1. Rambut Rapi Saat Wawancara

Meskipun wawancara melalui online, tetap saja rambut harus dirapikan. Untuk laki-laki bisa memakai pomade agar rambut terlihat rapi dan juga tidak berantakan. Begitu pun untuk perempuan yang tidak menggunakan jilbab. Jika tidak menggunakan jilbab, untuk yang memiliki rambut panjang jangan lupa untuk diiket dan jika rambut pendek dibelakangi ke belakang telinga.

  1. Make Up Wajah yang Tipis

Yang biasa memakai make up adalah perempuan. Sangat disarankan bagi perempuan untuk tidak memakai make up yang menor dan cukup memakai make up yang tipis saja. Jangan memakai pemoles bibir dengan warna gelap, pakai lah warna yang sesuai dengan warna bibir.

Itu lah 4 tips yang bisa dilakukan bagi para kandidat yang akan melakukan wawancara secara online. Yang terpenting adalah memakai pakaian sopan dan juga formal.