Teknologi Robot untuk Rumah Sakit Pinter

Spread the love

Seperti yang kita ketahui bahwa wabah virus corona sedang melanda semua negara. Wabah virus corona ini muncul pertama kali di Wuhan, China. Namun meskipun Cina menjadi tempat sumber dari munculnya wabah virus corona, namun Cina memiliki teknologi yang canggih yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah pandemi.

Teknologi di Cina memang selalu maju dan paling modern. Dan pada masa pandemi ini, ada beberapa teknologi canggih di Cina yang membantu dalam menyelesaikan wabah virus corona. Berikut adalah macam-macam teknologi dari Cina yang membantu menyelesaikan masalah wabah virus corona

Teknologi Cina dalam Pandemi Virus Corona

  1. Kode

Pada saat minggu pertama Cina terserang wabah virus corona, warga negara Cina langsung membuat teknologi canggih yang berupa kode. Teknologi kode dari Cina ini banyam membatu dalam menyelesaikan masalah virus Corona. Dalam pembuatannya menggunakan pengurutan DNA dengan sistem online. Lalu di dukung oleh penelitian laboratorium di seluruh dunia.

  1. Drone

Siapa sangka ternyata drone bisa membantu dalam menyelesaikan masalah virus corona di Cina. Pemerintah Cina menerbangkan drone untuk mendapatkan informasi yang mudah, dan memudahkan jarak aman sesama individu. Drone tersebut di terbangkan di trotoar dan berpatroli sambil membawa pengeras suara. Pengeras suara tersebut berfungsi untuk memperingatkan orang-orang untuk selalu menggunakan masker.

Drone yang dihasilkan dari Cina ini juga dioperasikan dengan menggunakan kode scan QR, yang mana kode scan ini bisa dipindai untuk kemudian mendapatkan seluruh informasi kesehatan. Bahkan Cina juga memproduksi drone pertanian untuk menyemprotkan disinfektan di daerah terpencil. Dan juga ada drone yang digunakan untuk mengirim alat medis

  1. Infodemic

Pada saat awal kemunculan virus corona, hampir semua berita berisi tentang virus corona. Dan tentunya ada banyak juga berita palsu yang beredar dan membuat masyarakat menjadi merasa lebih takut. WHO mengidentifikasi berita palsu tersebut dengan menggunakan infodemic. Selain berita yang membuat masyarakat menjadi lebih takut, berita tentang berbagai macam pengobatan pun bermunculan. Infodemic muncul untuk mengurangi berita palsu yang beredar.

  1. Kolaborasi Online

Meskipun Cina sebagai datangnya sumber virus corona, namun Cina juga tetap bekerja agar perekonomiannya tidak jatuh. Beberapa perusahaan di Cina menawarkan kolaborasi online secara gratis. Dimana kolaborasi online ini yang biasa kita gunakan untuk melakukan meeting online, yaitu zoom.

  1. Platform Pembelajaran Online

Sama seperti di Indonesia, di Cina pun sekolah di tutup karena adanya virus corona. Karena sekolah ditutup maka pemerintah Cina menciptakan Platform Pembelajaran Online dengan tujuan agar anak-anak tetap memiliki kesibukan belajar. Dimana dengan platform ini belajar secara streaming. Dan tentunya platform ini gratis.

  1. Perawatan E-Media dan Psikologis

Di Cina ada juga dokter online yang akan siap sedia membantu semua orang. Dokter online ini juga bisa untuk mengantarkan obat secara kilat. Karena orang-orang dilarang keluar rumah, maka dokter online ini bisa menjadi solusi juga, agar orang-orang juga tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli obat atau periksa ke dokter.

  1. Perawat Robot dan Diagnosis Al

Jika ingin tahu, rumah sakit di Cina juga banyak yang menggunakan perawat robot. Perawat ini bekerja layaknya seperti pelayan sungguhan yang harus memberi makan, mengirim obat, memeriksa suhu badan, disinfektan dan juga berguna untuk yang lainnya juga seperti menjawab pertanyaan dari pasien rawat jalan.

  1. Memanfaatkan Teknologi untuk Interaksi Sosial

Kebijakan pemerintah untuk mengkarantina semua warganya adalah keputusan yang memang seharusnya diambil untuk memutuskan persebaran virus corona. Karantina wajib ini tentunya sangat mengganggu dan membuat kita semua tentunya merasa jenuh harus berada di rumah terus. Namun kini ada banyak sekali teknologi untuk berkomunikasi dan interaksi sosial tetap berjalan.

Nah itu lah macam-macam teknologi bermanfaat yang dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah wabah virus corona di Cina. Dan tentunya teknologi yang maju ini membuat banyam sekali kemudahan bagi semua orang. Teknologi yang canggih ini bukti bahwa kemajuan teknologi sangat baik dan orang harus melek teknologi.