Hal yang Harus Diperhatikan UMKM Agar Berkembang

Spread the love

Semenjak munculnya pandemi, banyak yang merasa dirugikan terutama mereka para pegawai yang terkena pemecatan massal. Banyak perusahaan, toko-toko yang melakukan pengurangan pegawai karena tidak ada uang untuk menggaji. Hal ini tentunya membuat orang yang mengalami pemecatan bingung mendapatkan uang dari mana. Sehingga tidak sedikit orang yang di masa pandemi ini melakukan sebuah bisnis.

Bisnis di Masa Pandemi Corona

Jika kita lihat di sekitar, ada banyak sekali bisnis baru yang bermunculan entah itu bisnis di bidang makanan, bidang pakaian, make up dan berbagai bidang yang lainnya. Meskipun banyak yang tiba-tiba menjalankan bisnis, namun tidak sedikit juga dari mereka yang gagal dalam menjalankan bisnis tersebut karena mereka tidak dapat melihat pola-pola yang ada di masyarakat.

Dalam dunia bisnis, pengelolaan bisnis sangat lah penting dan bagi pebisnis baru pastinya memiliki tantangan sendiri apalagi dalam situasi pandemi seperti ini. Sebagai pebisnis harus bisa melihat ketertarikan dalam masyarakat, sehingga ketika menjalankan bisnis pun akan banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang dibuat.

Jika ingin memulai suatu bisnis atau yang sudah sedang menjalankan bisnis UMKM, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para pebisnis untuk mengembangkan usahanya terutama di masa pandemi

Cara Mengembangkan Usaha UMKM di Masa Pandemi Corona

  1. Mengamankan Kas Bisnis

Maksudnya adalah dengan rajin menuliskan pendapatan dan pengeluaran. Sebagai pebisnis harus mengerti arus kas digunakan untuk apa aja karena rajin menulis arus kas dapat berdampak besar untuk bisnis yang sedang dijalankan. Kas ini bisa dijadikan untuk evaluasi dan melihat naik dan juga penurunan kas yang bersih. Kas ini nantinya juga dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan jalan dalam mengembangkan bisnis.

Dalam masa pandemi ini penulisan alur kas sangat penting. Sehingga bisa mengerti apa saja yang tidak diperlukan sehingga bisa menghindari pengeluaran yang tidak berguna. Dan jika bisa memangkas pengeluaran tidak berguna bisa membuat kas menjadi lebih baik

  1. Harus Kreatif dan Inovatif

Seperti yang tadi sudah dijelaskan diawal, bahwa sebagai pebisnis harus bisa melihat pola ketertarikan yang ada di masyarakat. Jika para pebisnis bis mengidentifikasi pola tersebut, bisa terus melakukan kreativitas dan inovasi yang baru. Tentunya hal ini tidak membuat target pembeli bosan dan justru akan menjadi lebih tertarik dengan bisnis yang selalu memalukan pembaruan kreativitas. Jika banyak pembeli maka akan terus mendapatkan keuntungan.

  1. Membuat Strategi Pemasaran Bisnis

Jika memulai bisnis maka harus pintar-pintar untuk membuat strategi bisnis. Strategi ini ditujukan untuk menarik perhatian para konsumen. Maka dari itu, jika ingin membuat strategi bisnis, pilih lah orang-orang yang handal dalam komunikasi. Orang-orang yang bisa berkomunikasi dengan baik nantinya harus bisa membuat orang menjadi tertarik dengan bisnis yang sedang dijalankan, dan menjadikan orang tersebut sebagai konsumen.

Dimasa pandemi ini sebagai pebisnis harus cerdas dalam pemasaran dengan memanfaatkan media yang ada. Seperti melakukan pemasaran di media sosial Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain-lain.

  1. Menjaga Loyalitas

Menjaga loyalitas dalam berbisnis adalah hal yang penting. Loyalitas terhadap karyawan juga menjadi hal yang baik, karena karyawan lah yang bisa menjaga loyalitas para konsumen. Jika loyalitas konsumen bisa dijaga dengan baik membuat konsumen juga menjadi lebih betah dan bisa menjadi konsumen tetap juga untuk jangka waktu yang cukup lama.